PraYoGa mbuh
Event Solo Batik Carnival sebagai sebuah Event utama tahunan Kota Solo pada tahun 2011 ini memasuki penyelenggaraan yang ke 4,Solo batik carnival di gagas dan di rancang sebagai sebuah karnaval dunia yang berbasis masyarakat dengan menggunakan kain batik sebagai materi kreatifitas penciptaan kostum karnaval yang fantastic. Setiap peserta karnaval di wajibkan mengikuti Workshop merancang kostum selama 4 bulan dengan pembiayaan mandiri dari para peserta, kostum karnaval yang di rancang akan di pakai sendiri oleh para peserta dalam perhelatan Solo Batik carnival sepanjang 6 KM

Solo Batik carnival 2011 mengangkat tema ‘Keajaiban legenda’
Legenda merupakan cerita yang dianggap benar benar pernah terjadi,legenda biasanya menceritakan tentang tokoh, benda, nama tempat dan lain-lain. Legenda juga merupakan bagian dari kekayaan budaya dan sejarah yang di miliki oleh bangsa Indonesia yang sangat beragam

Solo Batik Carnival ke 4 tahun 2011 menjadikan Legenda sebagai Inspirasi tema sekaligus upaya tafsir masyarakat melalui penciptaan-penciptaan Kostum Karnaval bermateri batik untuk menyajikan Legenda lebih segar dan menarik agar masyarakat makin mengenal kebudayaan di Indonesia.
Solo Batik Carnival tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, selain diadakan pada malam hari, kostum peserta dalam nuansa citra keemasan dalam keajaiban legenda, kostum dibuat sedemikian rupa berdasarkan karakter yang ada pada legenda tersebut. SBC#4 bukan hanya menampilkan kemegahan kostum karnaval ala Solo, juga akan menampilkan koreografi yang dipadukan dengan iringan orchestra Musik gamelan.

4 legenda terkenal di jawa ; Roro Jonggrang ,Ratu Pantai Selatan,Kencana Wungu dan Ande-ande Lumut di pilih menjadi tema perhelatan Solo Batik Carnival 2011


Sekilas tentang tema:
• ANDE-ANDE LUMUT
Performer :Kelompok Anak-anak
Mengisahkan tentang Pangeran Inukertapati yang bertemu dengan Klething Kuning, si bungsu dari empat bersaudara (Kleting Merah, Kleting Hijau, Kleting Biru), anak-anak seorang janda di desa tempat ayah Pangeran Inukertapati memerintah. Diam-diam mereka saling mengingat. Dalam hati, Pangeran Inukertapati tahu, gadis seharum bunga mawar itu adalah calon permaisuri Kerajaan Banyuarum yang paling sempurna. Sayang, mereka tak pernah bertemu lagi.

Beberapa tahun kemudian, seorang pemuda tampan bernama Ande Ande Lumut (anak seorang janda) mengumumkan bahwa dia sedang mencari istri. Tak seperti gadis-gadis desa lain dan juga saudara-saudaranya, Kleting Kuning enggan pergi sebab dia masih mengingat Pangeran Inukertapati. Namun berkat nasehat dari bangau ajaib penolongnya, maka akhirnya Klething Kuning pun turut serta.

Dalam perjalanannya, ternyata mereka harus menyeberangi sebuah sungai yang dalam. Pada saat itu, muncullah penjaga sungai Yuyu Kangkang (kepiting raksasa). Si Yuyu menawarkan untuk menyeberangkan mereka dengan imbalan ciuman. semua gadis-gadis desa yang akan melamar segera saja menyetujuinya, Hanya Kleting Kuning yang enggan untuk mencium si Yuyu. Dengan Sodo Lanang (pemberian Bangau), Kleting Kuning berhasil menyeberang tanpa harus mencium si Yuyu. Singkat cerita, Ande-ande Lumut mengetahui hanya Kleting Kuning yang tidak mencium si Yuyu, maka ia memilih Kleting Kuning sebagai istrinya. Kleting Kuning baru sadar bahwa Ande Ande Lumut adalah Pangeran Inukertapati yang dicintainya. Kleting Kuning diboyong ke kerajaan Banyuarum untuk dijadikan permaisuri dengan nama Dewi Sekartaji.

Karakter Carnival :
1. Pangeran Inukertapati
2. Ande-Ande Lumut
3. Dewi Sekartaji
4. Kleting Kuning
5. Kleting Merah
6. Kleting Hijau
7. Kleting Biru
8. Mbok rondho Dadapan
9. Yuyu Kangkang
10. Burung Bangau



• RORO JONGGRANG
Performer : Remaja dan Dewasa



Roro Jonggrang adalah seorang putri yang sangat cantik jelita dari kerajaan Baka, yang ayahnya terbunuh dalam pertempuran melawan Bandung Bandawasa, seorang pangeran dari Kerajaan Pengging. Ketika Bandung sampai di kerajaan Baka, Timbul niatnya untuk memprsunting Roro Jonggrang. Namun Roro Jonggrang mengajukan syarat yang mustahil. Membangun seribu candi dalam satu malam. Dibantu kawanan peri dan jin, Bandung Bandawasa membangun candi-candi tersebut, hingga akhirnya dengan tipu muslihat Roro Jonggrang, candi yang dibangun hanya berjumlah 999. Mengetahui hal tersebut, Bandung murka dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu yang melengkapi candi buatanya.

Karakter Carnival :
1. Roro Jonggrang
2. Prabu Baka
3. Bandung Bandawasa
4. Jin dan Peri
5. Putri Candi



• RATU KENCONO WUNGU
Performer : Remaja dan Dewasa




Ratu Kencono Wungu menolak pinangan dari Minak Jinggo, yang membuat Minak Jinggo menjadi murka. Dengan pasukannya dia berniat menyerang Ratu Kencono Wungu. Mengetahui hal ini, Ratu Kencono Wungu mencari seorang ksatria yang mampu menandingi kesaktian Minak Jinggo. Tersebutlah Damar Wulan, seorang pemuda yang gagah dan tampan yang memiliki seorang kekasih bernama Anjasmara, seorang putri dari patih Ratu Kencono Wungu. Karena hubungan yang tidak di setujui oleh orang tua Anjasmara, Damar Wulan pun dimasukkan kedalam penjara. Melalui wangsit yang diterima Ratu Kencono Wungu memerintahkan Damar Wulan untuk di bebaskan, dan menugaskan Damar Wulan untuk membunuh Minak Jinggo. Setelah berhasil membawa kepala Minak Jinggo, karena ketakutan akan kesaktian Damar Wulan, Kencana Wungu memerintahkan pembunuhan atas Damar Wulan. Namun karena kesaktian Damar Wulan, ia hidup kembali didepan sang Ratu. Ratu pun membebaskannya dan menrestui hubungannya dbersama Anjasmara
Karakter Carnival
1. Ratu Kencana Wungu
2. Putri Anjasmara
3. Damar Wulan
4. Minak Djinggo




RATU LAUT SELATAN Performer : Remaja dan Dewasa



Konon, Nyi Roro Kidul adalah seorang ratu yang cantik bagai bidadari, kecantikannya tak pernah pudar di sepanjang zaman. Di dasar Laut Selatan, yakni lautan yang dulu disebut Samudra Hindia - sebelah selatan pulau Jawa, ia bertahta pada sebuah kerajaan makhluk halus yang sangat besar dan indah. Siapakah Ratu Kidul itu? Konon, menurut yang empunya cerita, pada mulanya adalah seorang wanita, yang berparas elok, Kadita namanya. Karena kecantikannya, ia sering disebut Dewi Srengenge, yang artinya Matahari Jelita. Kadita adalah putri Raja Munding Wangi. Walaupun Kadita sangat elok wajahnya, Raja tetap berduka karena tidak mempunyai putra mahkota yang dapat disiapkan. Baru setelah Raja memperistrikan Dewi Mutiara lahir seorang anak lelaki. Akan tetapi, begitu mendapatkan perhatian lebih, Dewi Mutiara mulai mengajukan tuntutan-tuntutan, antara lain, memastikan anaknya lelaki akan menggantikan tahta dan Dewi Kadita harus diusir dari istana. Permintaan pertama diluluskan, tetapi untuk mengusir Kadita, Raja Munding Wangi tidak bersedia.
Karakter Carnival
1. Putri Pantai Selatan
2. Prajurit Putri
3. Prajurit Biota Laut

Saat solo batik carnival ini juga di meriahkan oleh ratu Indonesia loh


Gg lupa juga ngambil kesempatan pas di solo batik karnaval ini.,hhe


edit post
Reaksi: 
0 Responses

Poskan Komentar